Jumat, 26 Februari 2010

Manfaat Jeruk Nipis


Jeruk nipis (citrusaurantifolia) termasuk salah satu jenis citrus Geruk. Termasuk tumbuhan perdu yang menghasilkan buah dengan nama sama.

Tumbuhan ini dimanfaatkan buahnya, yang biasanya bulat, berwarna hijau atau kuning, memiliki diameter 3-6 cm, umumnya mengandung daging buah masam, agak serupa rasanya dengan lemon.

Jeruk nipis termasuk jenis tumbuhan perdu yang banyak memiliki dahan dan ranting. Batang pohonnya berkayu ulet dan keras. Sedang permukaan kulit luarnya berwarna tua dan kusam.

Tanaman pada umur 2 1/2 tahun sudah mulai berbuah. Bunganya berukuran kecil-kecil berwama putih dan buahnya berbentuk bulat sebesar bola pingpong berwarna hijau atau kekuning-kuningan. Umumnya menyukai tempat-tempat yang dapat memperoleh sinar matahari langsung.

Meski berukuran kecil, jeruk nipis memiliki banyak manfaat, diantaranya :

* Obat batuk. Buah jeruk dibelah, permukaan belahannya diberi olesan kapur sirih, dipanaskan, kemudian perasan airnya diminum bersama air jerni.
* Melemaskan rasa tegang pada otot, misal pada tangan, kaki, ataupun bagian lainnya. Air perasan jeruk nipis ditambah sedikit air, kemudian digosokkan hingga rata pada bagian yang dirasakan sakit atau tegang. Atau, air perasan buah jeruk ditambahkan ke dalam air hangat di dalam ember kecil, kemudian digunakan untuk merendam kaki bagian bawah maka rasa pegal-pegal atau sakit akan hilang secepatnya.
* Menurunkan rasa panas badan, terutama pada anak-anak. Air perasan jeruk nipis ditambah selembar daun sirih, ditambah air hangat, digunakan untuk bahan pengompresan.
* Obat antimabuk, yaitu sebelum atau selama perjalanan panjang meminum perasan air jeruk, terutama bagi mereka yang biasa dilanda mabuk perjalanan.
* Mengecilkan dan "mengeringkan" peranakan sehabis melahirkan dengan cara mencampur air perasan dengan kapur sirih, kemudian dijadikan parem, serta dibalurkan ke bagian perut selama 40 hari.
* Menghilangkan bau keringat, bau ketiak, serta bau badan lainnya. Air perasan buah jeruk nipis dicampur sedikit kapur sirih, gosok ke sumber bau.
* Menghilangkan bau amis akibat ikan ataupun senyawa lainnya pada gelas, piring, tempat-tempat lainnya, atau pada tangan sehabis membersihkan ikan, dsb.
* Mengilapkan kembali barang-barang yang terbuat dari kuningan serta logam lainnya dengan memberi air perasan jeruk.
* Pemutih pakaian, dengan menambahkan terlebih dahulu air perasan jeruk nipis kepada noda.
* Menghilangkan kelebihan lemak pada jenis kulit berminyak, dengan mengoleskan daging jeruk pada kulit wajah. Terutama di daerah sekitar hidung dan pipi yang pori-porinya terlihat besar.
* Memutihkan dan menghaluskan kulit, dengan mengusapkan potongan jeruk pada wajah dan kulit bagian tubuh lainnya yang terlihat kusam atau kasar.
* Membuat kuku bersih dan cemerlang. Peraslah dagingnya, lalu gunakan sedikit air jeruk nipis untuk menggosok kuku yang buram.
* Untuk jenis rambut berminyak yang biasanya cepat kotor, cucilah dengan air hangat yang telah dicampur perasan air jeruk. Hasilnya selain tak cepat kotor, rambut akan menjadi lebih halus dan lembut kemilau
* Menghilangkan ketombe gunakan air perasan jeruk nipis pada kulit kepala. Biarkan kering selama 20 sampai 30 menit, lalu dikeramas. Lakukan dua sampai tiga kali.


Jeruk nipis untuk skin whitening product. Buah ini terkenal sebagai penghilang bau amis atau campuran penyedap makanan. Tapi sebenarnya air Jeruk Nipis untuk skin whitening ini juga bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan atau skin care. Air yang berasal dari daging buahnya diketahui mampu membuat pori pori kulit mengecil dan menghilangkan kelebihan lemak pada kulit berminyak.Manfaat : Merapatkan pori-pori kulit dan mengurangi kelebihan lemak.Cara : Ambil daging jeruk nipis, oleskan pada kulit wajah. Biasanya disekitar hidung dan pipi yang pori-porinya terlihat besar. Untuk memutihkan dan menghaluskan kulit, usapkan daging buah ke bagian kulit.

Tidak ada komentar: