Selasa, 25 Mei 2010

Ainun Habibie akan Dimakamkan Dekat Umar Wirahadikusumah


Jenazah Ibu Negara Hasri Ainun Habibie akan dimakamkan di Blok F, Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (25/5), pada pukul 11.00 WIB. Liang lahat untuk istri mantan Presiden BJ Habibie itu telah disiapkan di bawah naungan tenda berwarna putih.

Makam Ainun Habibie terletak di depan makam mantan Wakil Presiden Umar Wirahadikusumah, Abdul Haris Nasution dan istrinya, Juhana Suwardi Nasution, dan sejajar dengan mantan Menteri Luar Negeri yang juga anggota Dewan Pertimbangan Presiden Ali Alatas, Mantan Panglima TNI Edi Sudrajat, Mantan KSAU Saleh Basareh, dan mantan Ketua Dewan Pertimbangan Agung AA Baramuli.

Saat ini di Taman Makam Pahlawan Kalibata dilakukan persiapan upacara pemakaman yang dilangsungkan secara militer dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bertindak sebagai inspektur upacara. Dari pintu masuk sampai ke lokasi pemakaman telah disiapkan hamparan karpet merah yang nantinya akan dilalui oleh rombongan pembawa jenazah Hasri Ainun

Belum terlihat tamu pejabat negara maupun pihak keluarga di Taman Makam Pahlawan Kalibata yang dijaga ketat oleh sejumlah Pasukan Pengamanan Presiden. Saat ini jenazah Ainun yang tiba di Lapangan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, masih disemayamkan di rumah duka kawasan Patra Kuningan, Jakarta Selatan.

Hasri Ainun Habibie meninggal pada usia 72 tahun di Rumah Sakit Ludwig Maximilians-Universitat, Klinikum Gro`hadem, Muenchen, Jerman, Sabtu lalu, pukul 17.30. Sejak dirawat pada 24 Maret 2010 ia telah menjalani beberapa kali operasi, baik operasi utama maupun operasi eksplorasi namun akhirnya menghembuskan nafas terakhir setelah menjalani operasi di bagian usus.

Ainun Habibie dilahirkan di Semarang, Jawa Tengah, 11 Agustus 1937 sebagai anak keempat dari delapan bersaudara pasangan Mohammad Besari dan Hajjah Sadarmi. Perempuan yang mendapatkan gelar dokter dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia pada 1961 itu menikah dengan BJ Habibie pada 12 Mei 1962 dan dikaruniai dua putra, Ilham Akbar Habibie dan Thareq Kemal Habibie. Hasri Ainun sempat bekerja sebagai asisten ahli di bagian anak RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

sumber

Tidak ada komentar: