Minggu, 30 Mei 2010

Cara Atasi Tenggorokan Mampat

 
TENGGOROKAN mampat (throat congestion) merupakan gangguan yang ditandai dengan penumpukan lendir di tenggorkan. Kondisi ini bisa menganggu dan menimbulkan rasa sakit saat menelan makanan.

Kondisi ini umumnya disebabkan oleh flu, radang tenggorokan, infeksi tenggorokan, infeksi virus, alergi, asap, polutan dan berbagai pemicu lainnya. Akan tetapi, masalah ini juga bisa disebabkan oleh kondisi yang lebih serius, seperti penumonia, bronkitis, gangguan jantung dan gangguan paru-paru atau pernapasan.

Tenggorokan mampat seringkali ditandai dengan kesulitan bernapas atau sesak napas. Selain itu, gangguan ini juga bisa diikuti oleh rasa sakit, peradangan, pembengkakan dan gatal di tenggorokan. Di samping itu, kondisi ini juga bisa menimbulkan rasa tidak nyaman di organ lainnya, memicu hidung merer, batuk dan sensasi terbakar dalam tenggorokan.

Untuk meredakan gangguan ini, berikut beberapa langkah alami yang bisa menjadi pilihan Anda:

Menghirup uap dari air panas. Cara ini dinyatakan sangat efektif meredakan kemampatan lendir. Cobalah rebus air hingga mendidih dan tuangkan ke dalam baskom. Selanjutnya, tarik napas dalam-dalam, hiruplah uap tersebut sekitar 15 menit. Lakukan dua hingga tiga kali sehari untuk melonggarkan tenggorokan.

Berkumur air garam. Masukkan sedikit garam ke dalam air panas. Biarkan garam larut dan tunggu hingga suhu air hangat. Kemudian gunakan larutan tersebut untuk berkumur dan tahan selama 15 detik sebelum dimuntahkan. Lakukan tiga kali sehari.

Cobalah minum cairan hangat seperti teh, sup, susu atau air hangat. Cara ini bisa meredakan rasa sakit di tenggorokan. Selain itu, cara ini membantu melonggarkan lendir yang menumpuk di tenggorokan. Dengan begitu, lendir akan lebih mudah dikeluarkan. Di samping itu, minum cairan yang tepat memastikan tubuh tidak kekurangan cairan dan sangat cocok untuk melawan infeksi.

Jangan merokok. Zat-zat kimia dalam rokok bisa memperparah sakit tenggorokan dan memicu penumpukan lendir lebihbanyak lagi. Karena itu, ada baiknya jangan merokok dan menghindari asap rokok dari orang lain.

Akan tetapi, tenggorkan mampat bisa mengindikasikan kondisi medis serius. Karena itu, jika Anda menyadari perubahan warna dahak, atau jika Anda mengalami rasa sakit di dada, sesak napas, detak jantung tidak teratur dan pembengkakan di pergelangan kaki, pastikan segera memeriksakan diri ke dokter.
sumber

Tidak ada komentar: