Jumat, 28 Mei 2010

Ruth Handler, Wanita Pencipta Barbie


ANDA mungkin pernah tahu atau bahkan mengkoleksi boneka cantik nan menggemaskan, Barbie. Tapi, tahukah Anda siapa sosok yang menciptakan Barbie? Sayangnya, sosok itu telah tutup usia pada 27 April 2002. Meski demikian, warisannya tetap hidup dalam genggaman anak-anak di seluruh dunia.

Adalah Ruth Handler yang menjadi pencetus lahirnya boneka berwujud dewasa itu. Ia memproduksi Barbie di perusahaan kolaborasinya bersama suami, Elliot Handler, dan rekannya, Harold Matson. Perusahaan kolaborasi itu dinamakan Mattel, Inc.

Ruth memiliki pemikiran sederhana saat mengamati buah hatinya yang kerap bermain dengan boneka kertas. Anaknya, Barbara, selalu memberikan peran wanita dewasa kepada bonekanya. Sangat kontras. Terlebih lagi, saat itu boneka di Amerika Seirkat berupa bayi bukan perempuan dewasa.

Setelah mengamati anaknya, Ruth mengusulkan suaminya untuk membuat boneka dengan tubuh mirip orang dewasa. Ide Ruth itu mendapat tantangan. Elliot dan Matson menolak ide itu dengan alasan takkan laku di pasaran.

Pemikiran Ruth menemukan jalan keluar saat ia dan suaminya bepergian ke Eropa. Wanita kelahiran Denver, Amerika Serikat, itu jatuh hati pada boneka Bild Lili yang dipajang dalam sebuah toko di Swiss. Setibanya di rumah, Ruth mendesain ulang boneka itu dan dinamakan Barbie.

Barbie memulai debut pertamanya di American International Toy Fair di New York pada 9 Maret 1959. Ketenarannya pun meluncur bak roket. Nama Mattel Inc dan pasangan Handler pun ikut melambung. Kemudian hari, mereka menambahkan boneka produksi dewasa sebagai pacar Barbie, yang bernama Ken.

Sukses dengan Barbie, Mattel Inc, terus melanjutkan bisnis di bidang mainan anak. Tahun 1967, Ruth dipercaya mengepalai perusahaan yang juga melahirkan ragam mainan lain seperti Chatty Cathy, See 'n' Say, Hot Wheels, Creepy Crawlers, dan juga Incredible Edibles itu.

Ketenaran Barbie tentu merupakan hasil kerja keras Ruth yang tak pantang menyerah. Sementara Barbie kian melambung, Ruth harus berjuang melawan kanker payudara yang menggeroyotinya. Berbagai pengobatan telah dijalani. Hingga akhirnya ia tutup usia akibat komplikasi saat menjalani operasi kanker usus besar. Sebelum meninggal, Ruth sempat menulis naskah film bertajuk Barbie and The Rockers: Out of This World pada tahun 1987.
sumber

Tidak ada komentar: