Jumat, 16 Oktober 2009

Kenapa account facebook ku hilang ??


Kemaren ada temen bilang “ akun facebook aku hilang”.dalam hati ku bertanya, siapa yang membawa ya?hehe… Sebenarnya istilah dihapus untuk profile di Facebook ga sepenuhnya benar, karena Terms of Use Facebook mengatakan profile tidak akan dihapus, melainkan hanya diblokir status keaktifannya.setelah googling gw nemu alasan kenapa akun facebook diblokir :

1.Sering ganti Nama User Facebook. Memang asik sich kalau ganti-ganti nama, tapi hati-hati kalau nama kita mencurigakan atau bila ketahuan bahwa ada user yang menggunakan nama palsu, maka account tersebut bisa diblokir. Menggunakan nama samaran itu dilarang lho disini (kalau ketahuan sich…)

2.Terlalu banyak join ke group. Hati-hati kalau sudah join ke 200 group atau lebih.

3.Terlalu banyak mengirim message pada sebuah wall atau sebuah group. Facebook akan menganggap tindakan kita sebagai spamming. Atau bahkan dianggap terlalu fanatik terhadap suatu hal (evangelisme), misalnya saja masalah SARA. Kalau mau ngomongin sampai banyak hal ke satu orang, lebih baik lewat message aja, atau lewat fitur chat yang disediain.

4.Berteman dengan terlalu banyak orang. Kata pepatah “banyak teman banyak rejeki” memang benar, tapi di Facebook, kebanyakan teman justru akan terlihat mencurigakan, bukan cuma bagi tim Facebook-nya, tapi juga dari orang-orang yang kita add sebagai teman. Sebagai catatan bahwa 5000 adalah jumlah maksimum teman yang bisa kita punya di Facebook, dan juga makin mendekati angka ini berarti makin mencurigakan.

5.Nama sekolah dan organisasi yang kita ikuti mencurigakan / tidak benar. Jangan asal nulis bahwa kita lulusan ITB atau Harvard kalau kita baru sekolah sampai SMA sekarang ini. Kalau ketahuan bisa di blok akun mu.

6.Mencolek terlalu banyak orang. Bagi yang suka nyolek nyolek seseorang. hati-hati, bisa dimarah ma bapaknya lho… hehehe.

7.Mengiklankan aplikasi di wall orang. Bagi yang bisa membuat aplikasi atau kuis, trus nulis di wall orang lain dengan tujuan promosi aplikasi. Hati-hati, bukannya mendapat pengunjung yang ramai, malahan aplikasi tersebut dihapus dan account si pembuat diblokir karena ini. Iklan dan spam batasnya sangat tipis di sini. Biarlah aplikasi berkembang jumlah penggunanya karena pengguna itu sendiri walau harus berjalan dengan lambat.

8.Membuat pesan yang sama persis dan dikirim ke banyak orang. Siapa sih yang ga suka metode copy paste? Selain praktis dan efektif, juga ga perlu repot-repot lagi membuat rangkaian kata baru. Tapi ini juga merupakan ciri-ciri spam yang tentu aja gak diperbolehkan di Facebook (sebagai info, spammer yang sudah profesional menggunakan message yang berbeda-beda untuk tiap spamnya).

9.Berada di bawah umur 18 tahun. Ok, sekarang mungkin terlihat ga relevan lagi karena Facebook sendiri sudah memperbolehkan tahun kelahiran 2009 digunakan! Tapi jangan menganggap sepele aturan ini karena dalam Terms of Use di bagian Eligibility masih tertulis aturan bahwa Anda harus berumur 13 tahun ke atas DAN berumur kurang dari 18 tahun tetapi berada di bangku SMA (high school) atau kuliah (ini juga kalau ketahuan sich…).

10.Menulis konten yang bersifat offensif. Kita mungkin memiliki pendapat berbeda dengan orang lain atau mungkin ga suka dengan orang lain. Tapi jangan sekali-sekali mengungkapkan itu melalui ruang publik secara kasar karena dengan begitu akun kita bisa langsung diblokir. Dan jangan pula memuat foto-foto syur di sana. Rasanya ini aturan umum yang ada kalau mau bergaul secara online alias netiquette.

11.Mengoleksi informasi dari dan dengan menggunakan Facebook melalui script. Jangan pernah sekali-sekali menggunakan script untuk mengoleksi data penggunanya. Facebook ga memberi toleransi sedikit pun bagi penggunaan script semacam ini. Dan gawatnya, anda akan sulit mempertahankan profile anda kalau sampai ini terjadi karena Facebook merekam aktivitas dan IP anda, dan itulah yang akan mereka gunakan sebagai alasan untuk tetap memblokir.



Memang sich kalau kita ngak ketahuan atau tindakan kita belum terdeteksi. Aman-aman aja, Tapi bila ada orang yang melaporkan kegiatan kamu di Facebook(temen-temen kita yang ember), bisa saja akun kita diblokir.

Kalau menemukan Facebook kita diblokir, coba untuk mengirimkan email kedisabled@facebook.com atauappeals@facebook.com atauinfo@facebook.com.
Tenang aja, Facebook hanya akan memblokir account kamu, bukan menghapusnya karena Facebook memang memiliki aturan seperti itu yang tertuang di Terms of Use nya. Jadi jangan takut kamu kehilangan data kamu seluruhnya kalau kamu mendapati Facebook kamu diblokir.tetapi kalau ngak mau repot ya udah bikin akun baru ajah… hehehe
Buat aku facebook Cuma sekedar hiburan, so sewajarnya aja lah kita menggunakannya.
Dari : berbagai sumber

Tidak ada komentar: