Minggu, 04 Oktober 2009

Soto menggala memecahkan rekor muri


Salah satu budaya Indonesia yang mungkin belum banyak di ketahui oleh banyak orang adalah soto menggala. Soto menggala adalah makanan khas kota PangkalanBun, saya belum tahu jelas sich darimana asal usul makanan itu, yang pasti makanan itu cuma ada di PangkalanBun.

Kenapa disebut soto manggala, mungkin kerena bahan dasar makanan ini dari menggala(menggala : ubi kayu). Menggala yang dipotong kecil-kecil kemudian direbus, terus di bumbuin layaknya soto. Tidak beda dengan soto soto yang lain, soto menggala ini juga mempunyai kuah yang meluap(luber), di hidangkan dengan kuah yang panas.

Dulu pertama kali budhe aku nawarin soto ini, marasa aneh juga, “ketela kok disoto, emang udah ngak punya mie lagi kah?”. Tetapi setelah aku coba ehh enak juga...hehehe(maklum aku khan baru tau itu). Sepintas memang makanan itu terlihat biasa, tapi jangan pandang remeh...kerena makanan itu mempunyai banyak kandungan yang bermanfaat pada tubuh, salah satunya adalah :
1.Karbohidrat, kalau lagi laper banget, makan itu dijamin seharian gak laper. Apalagi menggalanya banyak-banyak, asli kenyang...hehe

2.Protein, salaen menggala, isi dari soto itu adalah cakar ayam atau kapala ayam, nah khan cakar ayam khan banyak mengandung protein tuh. Selain itu cakar ayam juga mempunyai manfaat yang sangat bagus buat menunjang cita-cita, karena kata mbah aku dulu “kamu makan ceker aja, ntar kalau kamu gede bakal bisa jalan kemana-mana seperti halnya cakar ayam itu” keren khan...kalau yang pengen jalan-jalan keluar negeri, banyak-banyak makan ceker aja, ntar bisa kesampain.

3. Zat besi, kita memakan soto tersebut khan pake sendok. Bagi yang pengen menambah zat besi, bisa memakan sendoknya...hehehe

4.Dan masih banyak lagi kandungan yang belum saya ketahui.


Oleh karena soto menggala mempunyai kandungan yang sangat bermanfaat, Pemda setempat berusaha melestarikan budaya ini (tepuk tangan donk buat pemda :D). Pada Ulang Tahun kabupaten Kotawaringin Barat yang ke-50 yang diperingati kemaren tanggal 3 oktober 2009, Pemda setempat menggelar sebuah acara untuk memecahkan rekor MURI, yaitu menghidangkan “8.000 mangkok soto menggala di atas meja sepanjang kurang lebih 2.1 km”.sayang aku ngak kebagian sotonya, jadi cuma bisa lihat aja gak bisa menikmati.

Untuk itu kita sebagai generasi muda sebaiknya mengetahui, syukur lagi menyukai budaya negeri kita. Jangan ribut masalah kleim, tetapi budaya sendiri gak kenal. Aku berharap semoga pelajaran bahasa daerah tetep ada sampai anak cucu aku nanti.
INDONESIA YESS !!

2 komentar:

Arsyil mengatakan...

Wal kamu anak pbun kah??
Eh kuambil lah foto kam di blogku arsyil.blogdetik.com?
Boleh gak?

coel mengatakan...

heeh pbun...
monggo silahkan di ambil,